Cara Memasang Password Pada File RAR/ZIP

Tutorumput_Cara memasang password pada File RAR/ZIP - Mengarsipkan data dan mengunci arsip pada sebuah computer bagi sebagian orang tidaklah begitu penting. Namun demikian bagi sebagian yang lain (termasuk saya) mengarsipkan data dan menguncinya dengan password sangatlah dibutuhkan, terutama pada data-data penting dan data-data yang bersifat pribadi dan rahasia.


Sebenarnya artikel serupa yang berkaitan tentang cara memasang password pada File RAR/ZIP ini  sudah sangat banyak bertebaran diluar sana, namun ketika saya bertemu dengan teman-teman saya (terutama yg pemula) ternyata masih banyak yang belum mengetahui Cara memasang password pada File RAR/ZIP tersebut, maka saya fikir mungkin tidak ada salahnya saya membuat artikel ini dan membantu teman-teman yang belum mengetahuinya.

Akan tetapi sebelum kita membahas lebih lanjut cara tersebut sebaiknya pastikan terlebih dahulu laptop/computer kita telah terinstall software yang berfungsi untuk mengompres dan mengarsipkan data menjadi RAR/ZIP, contohnya adalah WinRAR. Dengan menggunakan software ini kita bisa mengompres dan mengarsipkan data sesuai dengan keinginan kita, selain itu kita juga bisa memasang password pada file yang ingin kita lindungi.

Lalu bagaimana cara memasang passwordnya?, cara memasangnya sangat mudah yaitu dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini:

Cara memasang password pada File dengan format RAR/ZIP

1. Siapkan File yang akan di password dan di ubah dalam bentuk RAR/ZIP.
2. Klik Kanan pada file tersebut kemudian pilih Add To Archive..
3. Kemudian akan muncul jendela seperti gambar di bawah ini, Pilih Format File sesuai keinginan (RAR/ZIP), kemudian klik tombol Set Password.
4. Selanjutnya kita akan diminta memasukan Password. Kolom Pertama isilah dengan password sesuai keinginan, kemudian pada Kolom Kedua isilah dengan password yang sama dengan kolom pertama. Setelah keduanya selesai diisi lalu Klik OK.

5. Langkah terakhir Klik OK, Selesai.
Setelah selesai cobalah buka file RAR/ZIP yang telah di pasang password tadi untuk memastikan apakah password sudah benar-benar terpasang atau belum. Jika password sudah terpasang itu tandanya kita telah sukses, dan jika ternyata password belum terpasang itu berarti ada yang salah pada langkah yang kita lakukan, maka cobalah lagi. :D hehe.

Itulah artikel sederhana Tutorumput tentang Cara memasang password pada File RAR/ZIP semoga bermanfaat bagi siapapun yang membacanya. terimakasih telah berkunjung ke blog ini dan sampai jumpa di artikel saya selanjutnya. Baca Juga Cara Menampilkan Hidden Files/Folder (File yang disembunyikan) Windows 7