Mengetahui Fungsi dan Cara Kerja Disk Cleanup Pada Windows


Tutoumput_Ehhmm… ketemu lagi nih di artikel Tutorumput kali ini dengan topic pembahasan tentang Cara Menggunakan disk Cleanup pada system operasi Windows. Mungkin sebagian dari teman-teman semua sudah ada yang tahu dengan informasi terkait utility disk cleanup ini, namun karena sekarang teman-teman sedang membaca artikel Mengetahui Fungsi dan Cara Kerja Disk Cleanup Pada Windows, maka saya asumsikan bahwa teman semua ingin tahu lebih banyak tentang utility yang satu ini.

Utility Disk Cleanup pada system operasi windows ini berfungsi untuk menghapus file-file sampah yang menumpuk dan juga aplikasi yang bermasalah dan tidak lagi di perlukan windows pada computer/laptop kita. File-file sampah ini biasanya mempengaruhi kinerja computer/laptop kita, seperti contohnya adalah computer/laptop lelet saat di operasikan atau mungkin pada saat booting computer/laptop kita sangat lambat, bisa jadi hal itu terjadi karena file sampah yang menumpuk dan harus segera di bersihkan.

File-file sampah yang terus dibiarkan dan tidak secara rutin di bersihkan lama-kelamaan akan menumpuk sehingga menjadi beban di komputer/laptop kita, hingga dampaknya performa komputer kita pun akan semakin menurun . Cara menggunakan Utility Disk Cleanup ini sendiri sangatlah mudah dan simple, hanya dengan beberapa langkah file-file sampah di computer/laptop kita akan segera hilang dan terhapus. Berikut adalah langkah-langkah dalam menghapus file sampah dengan menggunakan Utility Disk Cleanup.

Disini kita akan menggunakan dua cara melakukan pembersihan menggunakan Disk Cleanu, cara tersebut yaitu :


I.Cara Pertama

1. Klik Start,

2. Ketikan Disk Cleanup di kolom pencarian,

3. Setelah muncul di pencarian, Klik pada aplikasi Disk Cleanup atau Enter,

4. Kemudian akan muncul jendela Disk Cleanup : Drive Selection. Pilih salah satu Drive : (C:) atau Data (D). Setelah selesai memilih (Sebagai contoh kita pilih Disk (C:)) kemudian Klik OK dan tunggu hingga proses scanning selesai.

5. Setelah proses scanning selesai akan muncul Jendela Disk Cleanup for (C:). 6. Kemudian Centanglah file-file sampah yang akan kita hapus misalnya : Temporary Files, Recycle Bin, Thumbnails dll. Setelah itu Klik OK.

6. Setelah itu, biasanya akan muncul sebuah pertanyaan Are you sure you are want to permanently deletes these files?. Selanjutnya Klik Delete untuk melanjutkan menghapus dan tunggu hingga proses Pembersihan (Cleaning) selesai.


II.Cara Kedua


1.  Buka Windows Explorer (halaman utama pada Komputer)

2. Langsung pilih Disk mana yang akan dibersihkan, Misal Disk (C:) kemudian Klik Kanan pada disk tersebut.

3. Klik Properties dan tunggu hingga terbuka jendela Properties.

4. Setelah muncul jendela Properties, pada Tab General klik tombol Disk Cleanup (Lihat Gambar) dan tunggu hingga proses scanning selesai.

No 5 & 6 sama dengan cara pertama diatas)

5. Setelah proses scanning selesai akan muncul Jendela Disk Cleanup for (C:). Kemudian Centanglah file-file sampah yang akan kita hapus misalnya : Temporary Files, Recycle Bin, Thumbnails dll. Setelah itu Klik OK.

6. Setelah itu, biasanya akan muncul sebuah pertanyaan Are you sure you are want to permanently deletes these files?. Selanjutnya Klik Delete untuk melanjutkan menghapus dan tunggu hingga proses Pembersihan (Cleaning) selesai.

Itulah cara-cara menghapus file sampah menggunakan Disk Cleanup, cara yang sangat sederhana dan sebenarnya tidak jauh berebeda. semoga artikel sederhana tentang Mengetahui Fungsi dan Cara Kerja Disk Cleanup Pada Windows ini bisa bermanfaat tentunya bisa juga di praktikan untuk merawat computer kita dari file-file sampah yang mengganggu performa dan kinerja computer kita. Jangan lupa untuk berbagi ilmu di komentar yaa…